Natsepa dan Eksotisme Pantai di Timur Indonesia

Pantai natsepa terkenal dengan keindahan pasir putihnya serta garis pantainya yang panjang. Hamparan pasir putih nan indah terbentang luas membawa pandangan menuju birunya lautan lepas. Pepohonan yang teduh bergoyang tertiup angin semilir seolah meliuk untuk menari.

Suara hembusan angin pun senada dengan irama tiupannya memberikan kesejukan di sela pancaran sinar matahari sore yang hangat. Kios-kios jajanan di sepanjang pantai pun siap melayani kebutuhan makanan dan minuman. Suasana yang cukup sempurna untuk bersantai di sore hari dan menikmati indahnya pesisir paling terkenal di Ambon tresebut.

Beberapa aktifitas lain yang dapat diakukan di pantai yang selalu ramai ketika akhir pekan atau liburan ini adalah menyewa perahu dan berkeliling di sekitar wilayah perairan Natsepa. Ketika hari libur, biasanya para penduduk lokal yang bermata pencaharian sebagai nelayan menyewakan perahu mereka untuk tujuan wisata dengan harga yang cukup terjangkau.

Kondisi gelombang air laut di Pantai Natsepa pun tergolong tenang dan aman untuk berkeliling dengan perahu maupun hanya sekedar berenang saja. Secara keseluruhan, Pantai Natsepa merupakan obyek wisata unggulan yang pantas menyandang gelar legendaris karena keberadaannya yang mempunyai nilai lebih dibandingkan pantai lain di Pulau Ambon.

Tertarik untuk berkunjung ke Natsepa?

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:

@LusiaJahaubun2019

Bertandang ke Ujung Negeri, Papua Barat dan Papua, Tujuan Timur, Salju dan Hutan

                Menuju wilayah paling Timur Indonesia, langkah kaki tergerak menuju budaya elok nan eksotis di Ujung Timur negeri ini, tersebut kata Papua bentang alam dengan tempat indah atas salju dan hutan tropisnya. Pastinya  banyak khalayak ramai sering mendengar ramai cerita kisah suku sakat Timur dari ranah Papua. Cerita-cerita suku otentik Papua, salju, hutan, dan Apuse dan Ramko rambe yamko begitu khas dituturkan banyak orang.

Image result for gunung salju di papua

                Tersebut disana salju, hutan tropis, laut dan daratan yang berbagi ruang untuk saling bercengkerama. Wisata alam bagai dua musim yang berbeda ini pastinya menawarkan tantangan bagi para pelancong untuk mempertimbangkan segala hal dalam perjalanan ini. Medan, cuaca, budaya lokal, makanan pastinya perlu diperhitungkan.

                Barangkali banyak dari pelancong yang ingin mencoba rasa langkah di dua musim berbeda, cobalah berkunjung ke sudut negeri ini. Muatkan 2 jenis tipe baju berbeda untuk bersiap menyambut dinginnya salju dan suhu minus di beberapa puncak dan dataran tinggi Papua. Baju tropis bisa digunakan saat Anda berkunjung ke hutan Tropis sejenis danau Sentani.

Image result for danau sentani

                Walau terasa jauh bertandang ke ujung negeri pastinya rasa lelah terbayar sudah dengan pemandangan yang disuguhkan negeri ini. Jangan lupa rasakan indahnya alam sembari mencicipi kuliner lokal, uniknya budaya, dan belajar bahasa lokal.

Jika daya dan luang waktu tersedia, barangkali tujuan Timur ini bisa menjadi salah satu tujuan menarik dan berkesan dalam satu dari banyak cerita kehidupan kita.

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Kraton #homestayjogjamurah #Gowes

Credit to :

@LusiaJahaubun2019

Menapaki Jejak-Jejak Negeri Ginseng di Kota Kembang – Bandung

Negeri Ginseng- Korea memang selalu menarik untuk ditelusuri. Mulai dari budayanya, alamnya, wisatanya, makanannya sampai industry perfilmannya. Kini Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke Korea untuk bisa menikmati semuanya itu karena sekarang hadir di Kota Kembang – Bandung wisata baru yang dijuluki Little Korea Bandung.

 Apa saja yang ada di kampung Korea ini?  Pada little street Korea, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan khas Korea yang sering kamu lihat di film-film. Selain itu kamu juga bisa menyewa handok (Baju khas Korea) yang dibandrol dengan harga 30rb untuk 15 menitnya.

Yang menarik disini adalah semua pembayaran dilakukan dengan mata uang Korea (won). Jadi sebelum Anda masuk ke kampung Korea ini, tukar uang dulu ya,..

Disini juga banyak spot-spot menarik yang instagramable yang bisa kamu jadikan feed IG kamu,.

Bagi kamu yang bingung mau kemana selama liburan, main ke sini saja, dijamin kamu nggak akan menyesal.

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:

@LusiaJahaubun2019

Ini dia Tips Selama Berwisata ke Desa Baduy

Baduy merupaka salah satu desa yang masih mempertahakan kearifan lokalnya yang sedikit sulit dinalar di era milenial ini. Pasalnya, Baduy masih hidup dalam kelompok adat yang jauh dari teknologi, alat-alat canggih, bahkan keperluan harian lainnya seperti sabun mandi, dll.

Pic :
https://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/1099991-pesona-kearifan-lokal-wisata-tanah-baduy

Oleh karena itu, banyak orang kota yang penasaran dan mulai melirik Baduy sebagai alternative wisata yang patut dikunjungi. Nah, jika Anda berniat untuk sekadar membuktikan keasrian kehidupan disana, berikut beberapa tips yang harus bisa Anda jadikan pedoman selama d sana.

1. Persiapkan fisik.

Baduy terbagi menjadi Baduy dalam dan Baduy Luar serta dengan 65 kampung yang saling terpisah. Untuk  menuju ke kampung-kampung tersebut, Anda dituntut untuk berjalan kaki karena tidak ada kendaraan di sana. Jadi sekalipun tujuannya untuk berwisata, tapi jangan berpikir untuk hal-ha mudah, karena treknya sedikit menanjak.

2. Persiapkan peralatan.

Seperti halnya ketika Anda hendak trekking, maka siapkan juga peralatan yang sama untuk menyusuri jalur-jalur di Baduy seperti sepatu boat, sleeping bag, ransel, matel hujan, serta bawa sendiri persediaan makan Anda karena Anda akan kesulitan menemukan warung disana.

3. Taati aturan.

Mengingat Baduy adalah desa adat, maka ada beberapa aturan adat yang harus  Anda patuhi, terutama untuk Baduy dalam. Di Baduy dalam, Anda tidak bisa menggunakan kamera untuk memotret atau merekam. Anda juga tidak boleh mandi di sungai dengan menggunakan shampo, sabun mandi atau pasta gigi, semua harus dari bahan alam seperti dedaunan.

Membuang sampah sembarangan juga tidak diperkanankan, jadi sampah yang Anda punya sebaiknya disimpan sampai Anda menemukan tempat sampah.

Siap untuk menjelajahii Baduy??

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:
@LusiaJahaubun2019

Mengenal Lebih Dekat Kraton Kadriah – Pontianak

Sejarah menyebutkan bahwa pada tahun 1771 telah berdiri 2 bangunan berupa Masjid Jami’ dan Istana Kadriah serta pembukaan hutan  di Persimpangan sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar untuk tempat tinggal.

Kraton Kadriah yang sudah berusia lebih dari 300-an tahun ini memiliki kompleks bangunan yang megah yang berdiri di tepi sungai. Memiliki ukuran sekitar 30×50 meter, bangunan istana terdiri atas 3 tingkat dan hal inilah yang menjadikannya sebagai istana terbesar yang dimiliki Kalimantan Barat.

Sejarah singkat mengungkapkan bahwa Sultan Abdurrhaman bertahta hingga tahun 1808, kemudian selanjutnya digantikan oleh Sultan Kasim Alkadrie hingga tahun 1819. Karena ditawan Jepang pada tahun 1944 Sultan Muhammada Alkadri yang sempat menjabat tahta, akhirnya digantikan oleh Sultan Thah Alkadri pada tahun 1945.

Didalam Kraton Kadriah ini terdapat banyak sekali benda peninggalan sejarah. Seperti kursi singgasana, tempayan, keris pusaka, tombak penobatan, pedang, cermin seribu, baju kesultanan, Alqur’an serta masih banyak benda sejarah lainnya. Alqur’an yang terdapat di dalam istana memiliki umur lebih dari 2 abad dan merupakan Alqur’an yang langsung ditulis sendiri oleh Sultan Abdurrahman. Cermin seribu tersebut kaca pemberian orang Perancis pada tahun 1823, disebut seribu karena pantulannya mampu memantulkan bayangan kita hingga ribuan kali.

Adat istiadat yang masih dijalankan di kereton ini adalah acara perkawinan, gunting rambut bayi, tepong dan tawar, dimana orang luar kraton tidak diperkenankan untuk melakukan pernikahan di dalam kraton. Sedangkan Tepung tawar sendiri merupakan acara pembersihan keris pusaka oleh para ahli waris Kesultanan Pontianak di Kraton Kadriah.

Nah itulah sejarah dan adat yang maish berlaku di kraton Kadriyah, Pontianak –  Kalimantan barat. Apakah ada kesamaan dengan Kraton Jogjakarta?

Cari tau lebih lanjut tentang Kraton Jogjakarta disini ya,.

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner #WisataIndonesia #Pontianak

Credit to:

@LusiaJahaubun2019

Sunrise atau Sunset? Suatu Perjalanan Berburu Matahari

Siapa yang tak kenal cantiknya matahari di awal dan petang hari? Siapapun pasti kagum akan sinar pagi dan petang hari kala sang surya terbit dan terbenam dalam paduan alam. Dari banyak waktu yang indah untuk menyapa surya pagi, banyak dari sebagian orang rela mempersiapkan diri di waktu subuh untuk bersiap melihat sang surya di beberapa spot view ternama. Sore hari tak kalah banyak orang yang pasti menyempatkan diri untuk hadir kembali melihat matahari senja beranjak pergi tenggelam di peraduan.

Soal biaya pastinya tak perlu terlampau diperhitungkan jika kawan-kawan berniat mengunjungi sang surya terbit dan tenggelam di sore hari. Tak perlu terlampau jauh bertualang dari kampong halaman hanya untuk melihat surya datang dan tenggelam. Kadang spot terbaik dapat juga kita temui dimana kita berjalan. Tak ayal banyak orang kaget melihat bahwa spot terbaik yang ada untuk melihat surya tak jauh dari rumah tinggal kita.

Lokasi area yang lebih tinggi atau luas tanpa pengahalang alam dan terbuka biasanya menjadi pilihan menarik untuk dapat memandang matahari tanpa rintangan. Dan sangat penting bagi para pecinta sunrise dan sunset untuk lebih sensitive dalam mempertimbangkan perkiraan cuaca di waktu tertentu.

Kini perburuan matahari menanti khalayak baru untuk bersama riuh ramai menikmati indahnya kebersamaan dan keindahan alam. Dengannya kita semakin memahami kebesaran alam dan meningkatkan kepedulian akan kelestarian paduan alam yang luar biasa ini. Salam dari sang Surya.

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Kraton #homestayjogjamurah #Gowes

Credit to :

@LusiaJahaubun2019

Liburan di Jogja bagi Pecinta Sepeda

Bagi kawan yang gemar bertualang dengan sepeda kayuh, kota Jogja merupakan salah satu pilihan destinasi menarik yang patut untuk dicoba. Dengan trek trek jalan pedesaan yang asri nan sejuk dan ramah dari keramaian kota, kawan-kawan bisa bertualang sekaligus berolahraga menikmati indahnya pemandangan alam yang asri dan hijau sejuk.

Tak perlu repot membawa sepeda jauh dari kota asal kawan, Jogja memiliki beberapa lokasi persewaan sepeda yang mudah diakses dan tak repot diproses. Datanglah ke beberapa gerai persewaan sepeda terdekat dan carilah jenis sepeda sesuai kebutuhan, tak selang lama kawan-kawan bisa menikmati sepeda untuk berjalan kemana kawan kehendaki.

Area Bantul menawarkan suguhan pemandangan sawah asri dan sejuk, ke arah Utara dari pusat kota, Sleman memiliki daerah sejuk di antara bukit-bukit Gunung Merapi. Kulonprogo juga tak kalah menarik dengan deretan perkebunan sayurnya dan Gunungkidul pastinya menantang adrenalin kawan untuk berpacu dengan medan treknya yang menantang.

Lika-liku jalan dan medan yang berbeda-beda pastinya mampu memberi inspirasi dan kebahagiaan tersendiri kala menikmati keindahan alam yang luar biasa. Pastinya tunggu apalagi guna menjajal pengalaman Gowes Jogja selagi ada. Ajak teman atau keluarga besar guna mendapat keasyikan tersendiri bersepeda ramai-ramai. Mari Gowes!

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Kraton #homestayjogjamurah #Gowes

Credit to :

@LusiaJahaubun2019

Empat Objek Wisata Borneo Timur yang harus Masuk Daftar kunjung Kamu

#1. Danau Jempang

Danau Jempang terletak di Kabupatane Kutai Barat. Danau ini adalah danau terbesar diantara 76 danau lain yang terdapat di sepanjang tepian alur Sungai Mahakam. Sepanjang perjalanan menuju danau, wisatawan akan melewati perkampungan di tepi Sungai Mahakam yang masing memegang teguh kearifan lokal melalui cerminan rumah adat dan perilaku adat sehari-hari.

#2. Batu Dinding

Batu Dinding adalah gugusan batu kapur putih yang menjulang memagari Sungai Mahakam Ulu. Panjang dinding batu ini berkisar lebih dari 800 meter dengan ketinggian antara 100-200 meter. Dinding batu ini terlihat kokoh bagai tembok raksasa dan sering dijadikan sebagai spot untuk mengambil gambar yang unik dan menarik.

#3 Kawasan Wisata Bukit Bingkirai

Bukit Bangkirai memiliki daya tarik dengan adanya sebuah jembatan bernama Jembatan Tajuk yang terbentang sepanjang 64 meter diatas ketinggian 30 meter. Jembatan kanopi ini menghubungkan 5 pohon bangkirai besar dan dibuat oleh arsitek asal Amerika Serikat. Jembatan kanopi ini adalah yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia. Wow, sungguh luar biasa menakjubkan bukan.

Untuk bisa naik dan berjalan meniti jembatan ini, wisatawan dikenakan tarif Rp 15.000 untuk lokal Rp 30.000 untuk turis mancangera. Dari jembatan ini, wisatawan bisa menyaksikan indahnya formasi Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae yang merupakan ciri dari hutan hujan tropis yang indah dan saling sambung menyambung.

#4. Samboja Lodge

Samboja Lodge adalah sebuah areal penginapan eksklusif yang letaknya berada di daerah Kutai Kartanegara dan berada tepat di tengah hutan hujan tropis Kalimantan. Desain penginapan ini berarsitektur kayu dengan ukiran khas suku Dayak dan langsung menghadap pemandangan hutan. Sensasi yang dirasakan tamu benar-benar luar biasa. Kapan lagi bisa menginap ditengah hutan Borneo yang kesohor sambil ditemani suara binatang-binatang hutan?

Nah itu tadi rekomenedasi tempat wisata Kalimantan Timur, jika teman-teman merencanakan liburan ke sana.

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:

@LusiaJahaubun2019

Air Terjun Lepo, Eksotisme Selatan Jogja yang patut Ditelusuri

Air terjun Lepo adalah salah satu kawasan menarik dari pelosok selatan Jogja yang cocok untuk wisata alam. Awalnya tak disangka bahwa tempat wisata di daerah Bantul ini punya keistimewaan tersembunyi. Keasriannya sangat terjaga dan udaranya terasa sejuk. Para pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun bertingkat tersebut dengan menuruni sungai melalui tangga bebatuan yang sudah dipersiapkan.

Setiap kolam mempunyai luas yang memadai dengan pesonanya masing-masing. Kejernihan airnya menemani untuk berendam atau berenang menikmati segarnya panorama alami yang masih perawan.

Untuk menuju wisata air terjun Lepo, akses jalan yang harus dilalui cukup mudah.

Dari kota Yogyakarta, pengunjung harus menuju Jalan Imogiri Timur lurus dengan tujuan Balai Desa Dlingo. Dari Balai Desa Dlingo lurus ke timur melewati jalan kampung hingga menemukan petunjuk jalan menuju Air Terjun Lepo.

Wisata Air Terjun Lepo dikenal dengan keasriannya dan suasananya yang masih alami. Hal tersebut lantas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:

@LusiaJahaubun2019

Pulau Derawan dan Pesona Bawah launya

Selain budaya, Kalimantan Timur juga terkenal dengan kekayaan hayati bawah lautnya, diantaranya destinasi wisata Pulau Derawan yang berada di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Karena keindahan ekosistem di laut yang masih terjaga keasliannya, tak mengherankan kalau pulau Derawan menjadi salah satu spot menyelam paling favorit yang ada di Indonesia dan ditetapkannya Kepulanan Derawan sebagai situs calon situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2005.

Banyaknya spot diving dan snorkeling di kepulauan Derawan menjadikan tempat ini merupakan lokasi yang pas bagi Sobat pencinta laut. Beberapa hal menarik yang akan dijumpai oleh para penyelam antara lain adalah ikan-ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang begitu indah. Jika cuaca cerah, jarak pandang di bawah laut bisa mencapai sekitar 20 meter. 

Karena air laut yang begitu jernih, kita bisa memandang keindahan biota bawah laut seperti ikan-ikan, bunga laut, dan terumbu karang dengan jelas meski dari atas permukaan air. Tak hanya sekedar melihat pemandangan bawah laut, di kawasan Pulau Derawan, kita juga bisa merasakan serunya menaiki banana boat bersama teman-teman. 

Untuk tempat penginapan, Kepulauan Derawan memiliki berbagai jenis penginapan. Dari mulai hotel, resort, villa, juga home stay dan berbagai pilihan guess house yang dapat disewa. Mulai dari high class accomodation hinga low budget accomodation. Bahkan, jika Sobat Pesona mau, tersedia juga penginapan di tengah laut, dimana begitu kita keluar rumah, kita dapat langsung mencemplungkan diri ke laut untuk berenang atau menyelam.

Seru bukan??

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:

@LusiaJahaubun2019