Lima Alasan Kamu Harus ke Karimunjawa

Dikutip dari wikiwisata.com, Karimunjawa merupakan areal gugusan kepulauan. Bayangkan, ada 27 pulau kecil yang totalnya seluas 1.500 hektar.

Lokasinya di kawasan Jepara Jawa Tengah dan masuk bagian utara pantai pulau Jawa. Dari gugusan pulau itu, hanya lima pulau yang ternyata berpenghuni sementara yang lainnya masih kosong.

Pulau yang sudah ada penduduknya yaitu Kemujang, Genting, Karimunjawa, Nyamuk dan Parang. Kendati pun sebagian besar pulau-pulau di Karimunjawa tidak berpenghuni, wisatawan sering mendatangi pulau tersebut untuk menikmati keindahan alam, termasuk pantainya yang elok dan ombaknya yang jinak.

Nah, berikut lima alasan mengapa Karimunjawa harus masuk dalam daftar perjalanan wisata Anda.

1. Laut dan Pantainya yang Indah

Alasan utama tentu saja karena pemandangan laut yang indah. Anda bisa berjalan-jalan di pantai berpasir putih dengan memandang laut yang jernih kebiruan. Belum lagi angin sepoi-sepoi dan udara laut yang segar. Bisa menyehatkan paru-paru.

2. Surganya Terumbu Karang

Bicara keindahan Karimunjawa tentu berhubungan erat dengan keindahan dalam lautnya. Karimunjawa kaya akan terumbu karang and menurut informasi, ada 90 jenis terumbu karang yang merumahkan diri di Karimunjawa.

Belum lagi 400 spesies fauna laut yang pasti mengoda Anda untuk tetap berlama-lama di dalam laut.

3. Kaya Fauna

Karimunjawa memang surganya para satwa liar yang banyak diantaranya hampir punah. Misalnya saja elang laut dada putih, penyu sisik, penyu hijau, rusa dan aneka jenis burung. Menarik bukan?

4. Bisa Berenang dengan Hiu

Karimunjawa juga memiliki penangkaran hiu yang dibuka untuk umum di Pulau Menjangan Besar. Penangkaran ini juga mengizinkan turis berinteraksi dengan hiu, termasuk berenang bersama. Tentu saja dengan didampingi oleh staf penangkaran.

5. Diving di Kapal Karam

Perairan Pulau Genting memiliki bangkai kapal karam dari Cina. Anda bisa menemukan pecahan keramik kuno di lambung kapal bila kebetulan melakukan diving di tempat tersebut.Selain kapal dari Cina, juga ada kapal dari Panama Indono yang karam di dekat Pulau Kemujan. Kapal ini ukurannya dua kali kapal ferry Indonesia dan sudah menjadi rumahnya ikan beraneka warna dan jenis.

Nah, tunggu apa lagi?

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:

@LusiaJahaubun2020