Budaya menginap di Homestay

Homestay merupakan sebuah bentuk perpaduan dari suatu keramahan dalam konsep penginapan dimana para tamu menginap pada rumah penduduk lokal. Lamanya waktu menginap bervariasi dari satu malam bisa jadi sampai satu bulan. Homestay merupakan contoh dari kolaborasi konsumsi dan sharing.

Pada kasus-kasus tertentu, jika tidak ada perputaran uang di ditempat tersebut, maka pemilik penginapan dan tamu biasanya sepakat untuk bertukar kebutuhan sehari-hari. Istilah dari homestay umumnya merupakan kerjasama dari tuan rumah dan para pendatang.

Jika homesay adalah bagian dari sebuah organisasi sebuah tour dan travel, maka para tamu akan langsung terorganisir melalui tour dan travelnya, namun pada seorang solo traveler, homestay biasanya diatur sendiri berdasarkan seberapa bagus ulasan tamu-tamu sebelumnya dan rating yang terlihat di situs online.

Keuntungan dari tinggal di homestay adalah hubungan antara pemilih rumah dan tamu bisa terbina dari sekadar tamu menjadi rekan. Selebihnya, homestay juga memberikan beberapa kelebihan lain seperti; lebih hemat dibanding hotel, informasi tentang daerah tempat tinggal lebih akurat didapat dari tuan rumah ketimbang yang tertulis dalam buku panduan perjalanan, suasana kekeluargaan yang bisa terbangun.

Ini beberapa alasan mengapa sampai saat ini homestay masih menjadi tempat penginaan yang paling banyak diminati.

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

#Penginapan Jogja #Penginapan Murah #Malioboro #Keraton