Kamu Wajib Coba Wisata Kuliner Ini Selama Di Jogja

Tak hanya Kuliner Bandung yang terkenal enak dan maknyus. Jogja juga punya sederet kuliner khas yang menggoyang lidah, dari mulai makanan tradisional, menu western, sampai kuliner khas nusantara.

1. Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : enjoyjogja.com)
Gudeg Manggar Manding adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : enjoyjogja.com)

Masih seputar gudeg, tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Gudeg Manggar Manding. Mungkin bagi kebanyakan orang, gudeg adalah gudeg. Namun sebenarnya ada 3 jenis gudeg yang berbeda; gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Gudeg basah disajikan dengan kuah santan nyemek yang gurih dan banyak diburu untuk menu sarapan pagi.

Gudeg kering dimasak dalam waktu yang lebih lama hingga kuahnya mengering dan warnanya lebih kecoklatan. Rasanya juga lebih manis. Gudeg jenis ini bisa tahan hingga 24 jam atau bahkan lebih jika dimasukkan ke dalam lemari es sehingga banyak diburu orang sebagai oleh-oleh. Biasanya penjual mengemasnya dalam kardus, besek (kardus dari anyaman bambu) atau kendil tanah liat.

2. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Kopi Joss menu istimewa Angkringan Lik Man, salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : myhotelmyresort.com)
Kopi Joss menu istimewa Angkringan Lik Man, salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : myhotelmyresort.com)

Ada yang bilang, belum ke Jogja kalau belum menikmati nasi kucing plus Kopi Joss di angkringan pinggir rel Lek atau Lik Man. Nasi kucing bukan nasi untuk kucing lho, tapi nasi yang porsinya sedikit dengan orek tempe dan sambal teri. Pelengkapnya bisa aneka sate dan gorengan.

Satu lagi yang mengesankan dari angkringan Jogja yang paling terkenal ini, Anda harus coba Kopi Joss yaitu kopi panas yang diberi arang panas. Tenang saja tidak berbahaya kok, karena arangnya langsung diambil dari tungku yang pastinya sudah membuat arang tersebut steril.

Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Bunyi ‘jooossss’ yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss. Kopi Joss memiliki rasa unik yang khas dan tak dimiliki kopi lainnya.

3. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : telusurindonesia.com)
Oseng-Oseng Mercon Bu Narti adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : telusurindonesia.com)

Ingin menu yang pedas? Anda bisa mencoba tempat wisata kuliner di Jogja yang pedas. Tidak Cuma masakan manis seperti gudeg, bagi Anda penggemar masakan pedas ada tantangan untuk mencoba oseng-oseng mercon.

Oseng-oseng kikil super pedas ini pun tak ayal membuat orang yang memakannya berkeringat seperti habis lari mengitari lapangan bola berkali-kali. Pedas-pedas enak katanya. Dan tahukah berapa banyak cabai yang dicampur dalam satu panci oseng-oseng mercon? 6 kg cabai, lho. Bener-bener bikin melotot kan?

Makanan kreasi Bu Narti ini kini telah menjadi kuliner khas Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 1998 saat negara ini sedang dilanda krisis ekonomi, demi meneruskan hidup setelah ditinggal mati sang suami. Kondang hingga ke berbagai kota, menarik setiap pejalan untuk mencoba. Warung oseng-oseng mercon Bu Narti telah menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi bagi para pecinta kuliner pedas.

Mercon, yang dalam Bahasa Indonesia adalah petasan menjadi nama kuliner bukan tanpa sebab. Buntelan mesiu yang sering dipakai dalam perayaan Imlek dan meramaikan lebaran ini seolah meledakkan dirinya di mulut. Seperti pejuang berani mati yang mengantar bom ke sarang musuh.

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:
@LusiaJahaubun2019