5 Hal yang Harus kamu Ketahui tentang Museum Ullen Sentalu

Terpilih sebagai museum kedua terbaik di Indonesia tahun 2018 oleh para pengguna situs travel TripAdvisor, museum ini didirikan dengan harapan menjadi “jendela pembuka peradaban seni dan budaya Jawa, sekaligus jembatan komunikasi bagi generasi muda”.

1. Nama “Ullen Sentalu” merupakan sebuah singkatanNama museum yang terdengar unik ini ternyata merupakan singkatan dari sebuah kalimat bahasa Jawa “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku”.

Kalimat tersebut bermakna nyala lampu blencong (lampu yang dipergunakan saat pertunjukkan wayang kulit) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan.

2. Mengenalkan sejarah Keraton Solo dan YogyakartaMuseum Ullen Sentalu banyak mengisahkan tentang peradaban Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi 4 keraton di Solo dan Yogyakarta, yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Para pengunjung dapat melihat banyak lukisan dan foto bangsawan pada zaman tersebut, koleksi kain batik Solo dan Yogyakarta yang ternyata memiliki makna tersendiri, gamelan kuno, arca-arca budaya Hindu dan Budha, serta peninggalan lainnya.

3. Kisah cinta Putri Tineke yang dilarang orangtuaSalah satu ruangan yang paling menarik di Museum Ullen Sentalu adalah Ruang Syair untuk Tineke. Tineke adalah nama Belanda putri Sunan Surakarta Pakubuwono XI.Mengalami patah hati yang luar biasa karena pria yang dicintainya dianggap tidak “sederajat” oleh orangtua, Putri Tineke menerima banyak surat cinta dan puisi penghiburan dari saudara dan teman. Anda dapat melihat isi surat-surat tersebut di ruangan ini.

Bagaimana akhir kisah cinta Tineke? Temukan jawabannya saat Anda berkunjung ke museum ini!4. Perpaduan gaya arsitektur rumah gotik dan tropis

Memasuki museum ini, terlihat banyak pilar bangunan yang terbuat dari material batu alam layaknya rumah tropis. Setelah melewati beberapa ruangan, Anda akan menemukan bangunan berwarna putih dengan fasad ujung lancip, semacam kastil Eropa.5. Pemandu tur yang interaktifBagi beberapa orang, mengunjungi museum mungkin terdengar “membosankan”. Namun, dapat dipastikan kunjungan Anda ke Museum Ullen Sentalu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus edukatif.

Museum ini selalu menyediakan fasilitas pemandu tur yang akan menemani pengunjung menelusuri setiap ruangan. Dengan cara penyampaian yang interaktif, Anda pun akan fokus mendengarkan tiap penjelasannya.

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay Instagram.com/RumahRosoHomestay #PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:

@LusiaJahaubun2019