Ini dia Tips Selama Berwisata ke Desa Baduy

Baduy merupaka salah satu desa yang masih mempertahakan kearifan lokalnya yang sedikit sulit dinalar di era milenial ini. Pasalnya, Baduy masih hidup dalam kelompok adat yang jauh dari teknologi, alat-alat canggih, bahkan keperluan harian lainnya seperti sabun mandi, dll.

Pic :
https://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/1099991-pesona-kearifan-lokal-wisata-tanah-baduy

Oleh karena itu, banyak orang kota yang penasaran dan mulai melirik Baduy sebagai alternative wisata yang patut dikunjungi. Nah, jika Anda berniat untuk sekadar membuktikan keasrian kehidupan disana, berikut beberapa tips yang harus bisa Anda jadikan pedoman selama d sana.

1. Persiapkan fisik.

Baduy terbagi menjadi Baduy dalam dan Baduy Luar serta dengan 65 kampung yang saling terpisah. Untuk  menuju ke kampung-kampung tersebut, Anda dituntut untuk berjalan kaki karena tidak ada kendaraan di sana. Jadi sekalipun tujuannya untuk berwisata, tapi jangan berpikir untuk hal-ha mudah, karena treknya sedikit menanjak.

2. Persiapkan peralatan.

Seperti halnya ketika Anda hendak trekking, maka siapkan juga peralatan yang sama untuk menyusuri jalur-jalur di Baduy seperti sepatu boat, sleeping bag, ransel, matel hujan, serta bawa sendiri persediaan makan Anda karena Anda akan kesulitan menemukan warung disana.

3. Taati aturan.

Mengingat Baduy adalah desa adat, maka ada beberapa aturan adat yang harus  Anda patuhi, terutama untuk Baduy dalam. Di Baduy dalam, Anda tidak bisa menggunakan kamera untuk memotret atau merekam. Anda juga tidak boleh mandi di sungai dengan menggunakan shampo, sabun mandi atau pasta gigi, semua harus dari bahan alam seperti dedaunan.

Membuang sampah sembarangan juga tidak diperkanankan, jadi sampah yang Anda punya sebaiknya disimpan sampai Anda menemukan tempat sampah.

Siap untuk menjelajahii Baduy??

Hastag :

Facebook.com/RumahRosoHomestay

Instagram.com/RumahRosoHomestay

PenginapanJogja #PenginapanMurah #Malioboro #Keraton #Travel #Kuliner

Credit to:
@LusiaJahaubun2019